Teori Piaget tentang perkembangan moral
Perkembangan moral berlangsung dalam dua tahap :
- Tahap realisme moral -> moralitas oleh pembatasan ( < 12 tahun ) :
Usia 0 – 5 tahun : pada tahap ini perilaku anak ditentukan oleh ketaatan otomatis terhadap peraturan tanpa penalaran / penilaian. Anak menilai tindakan berdasar konsekuensinya.
usia 7/8 – 12 tahun : pada tahap ini anak menilai perilaku atas dasar tujuan. konsep tentang benar/salah mulai dimodifikasi (lebih luwes/ fleksible ), Konsep tentang keadilan mulai berubah. - Tahap operasional formal -> Moralitas dengan analisis ( >12 tahun )
anak mampu mempertimbangkan segala cara untuk memecahkan masalah
anak bernalar atas dasar hipotesis dan dalil -> melihat masalah dari berbagai sudur pandang.
Tentang lawrence kohlberg :
- Lahir tahun 1927 dan dibesarkan di Brouxmille, New York
- menamatkan sekolah menengah di Andover academy di Massachusetts
- Tahun 1948 masuk universitas chicago, setahun kemudian bachelor diraih, ia mengambil bidang psikologi dan tertarik dengan teori piaget.
- Tahun 1958 lulus S3 disertai : the development of modes of thingking and choice in the year 10 to 16 ( merupakan teroi landasan perkembangan moralnya )
- Tahun 1962 – 1968 mengajar di universitas chicago
- Sejak tahun 1968 mengajar di havard
- menurut kholberg ketika dilahrikan, anak belum dan tidak membawa aspek moral
- Kohlberg juga berpendapat, bahwa aspek moral merupakan sesuatu yang berkembang dan dikembangkan
- Kohlberg mengemukakan teori perkembangan moral berdasar teori piaget, yaitu dengan pendekatan organismik ( melalui tahap tahap perkembangan yang memiliki urutan pasti dan berlaku secara universal ). Selain itu kohlberg juga menyelidiki struktur proses berpikir yang mendasari perilaku moral ( moral behavior )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar