Kamis, 08 Desember 2011

perkembangan moral


Teori Piaget tentang perkembangan moral
Perkembangan moral berlangsung dalam dua tahap :
  • Tahap realisme moral -> moralitas oleh pembatasan ( < 12 tahun ) :
    Usia 0 – 5 tahun : pada tahap ini perilaku anak ditentukan oleh ketaatan otomatis terhadap peraturan tanpa penalaran / penilaian. Anak menilai tindakan berdasar konsekuensinya.
    usia 7/8 – 12 tahun : pada tahap ini anak menilai perilaku atas dasar tujuan. konsep tentang benar/salah mulai dimodifikasi (lebih luwes/ fleksible ), Konsep tentang keadilan mulai berubah.
  • Tahap operasional formal -> Moralitas dengan analisis ( >12 tahun )
    anak mampu mempertimbangkan segala cara untuk memecahkan masalah
    anak bernalar atas dasar hipotesis dan dalil -> melihat masalah dari berbagai sudur pandang.
Tentang lawrence kohlberg :
  • Lahir tahun 1927 dan dibesarkan di Brouxmille, New York
  • menamatkan sekolah menengah di Andover academy di Massachusetts
  • Tahun 1948 masuk universitas chicago, setahun kemudian bachelor diraih, ia mengambil bidang psikologi dan tertarik dengan teori piaget.
  • Tahun 1958 lulus S3 disertai : the development of modes of thingking and choice in the year 10 to 16 ( merupakan teroi landasan perkembangan moralnya )
  • Tahun 1962 – 1968 mengajar di universitas chicago
  • Sejak tahun 1968 mengajar di havard
  • menurut kholberg ketika dilahrikan, anak belum dan tidak membawa aspek moral
  • Kohlberg juga berpendapat, bahwa aspek moral merupakan sesuatu yang berkembang dan dikembangkan
  • Kohlberg mengemukakan teori perkembangan moral berdasar teori piaget, yaitu dengan pendekatan organismik ( melalui tahap tahap perkembangan yang memiliki urutan pasti dan berlaku secara universal ). Selain itu kohlberg juga menyelidiki struktur proses berpikir yang mendasari perilaku moral ( moral behavior )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar